Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Forum
,
Selamat datang di website KOTAKU.
Dana Tabungan KSM 
Helmi Adam, 2 Februari 2011, jam 13:14:53
Salam MK

Teman-teman MK yang tercinta, saya mau tanya tentang pencatatan tabungan KSM di UPK.

Permasalahannya seperti ini : UPK tidak diperkenankan untuk menggulirkan sumber dana yang dititipkan kepadanya (termasuk tabungan dari KSM yang dititipkan ke UPK). Pertanyaannnya adalah : apakah tabungan KSM yang dititipkan di UPK (disimpan di Bank oleh UPK), kita catat di pembukuan UPK di akun Tabungan KSM (kode akun 21020) atau tidak perlu kita catat di pembukuan UPK (alias kita catat di luar pembukuan UPK - off balance sheet).

Pertiimbangannya begini : Kalau kita catat di UPK berarti Asset UPK (total Aktiva maupun Pasiva UPK) tidak Riil, sebab didalamnya termasuk dana pihak ketiga (tabungan KSM); Demikian pula halnya dengan Laporan Laba (rugi), ada pendapatan dan biaya yang berasal dari tabungan KSM (jika tabungan KSM disimpan di Bank)

Pertanyaan berikutnya : Apa guna akun Tabungan KSM dengan kode akun 21020 ?

Mohon bantuannya ...... termasuk teman-teman KMP Ya .......

Tetap Semangat ..... Tunjukkan Prestasi .... Rejeki Mengikuti .... Sukses Selalu MK


[Kirim tanggapan | Kirim pesan baru]



Tanggapan 1
 
Re: Dana Tabungan KSM
rey soejana, 21 Februari 2012, jam 21:00:40
jawabannya sangat gampang. Tapi aku bukan oang yang kau minta menjawab. Kemana ya....yang ditanya koq diam saja. Jangan2 yang ditanya gak ngerti jawabannya. Kasihan.......
Tanggapan 2
 
Re: Dana Tabungan KSM
kusdar minto, 22 Februari 2012, jam 15:07:40
Ya harus dicatat dong. Akun tabungan KSM terletak di Pasiva. Pasiva kan terdiri dari modal dan kewajiban (Utang).
Terus duit itu sebaiknya diletakkan dimana ? Karena tabungan KSM di UPK tidak boleh dipinjamkan, maka sebaiknya duitnya disimpan di Bank aja.
Fungsi tabungan KSM di UPK paling tidak ada dua, yakni :
1. Sebagai dana tanggung renteng
2. Pembelajaran bagi peminjam (warga miskin) untuk selalu mempunyai pola hidup surplus, artinya berapapun pendapatannya, harus ada yang disisihkan untuk masa depannya.
Makasih
Tanggapan 3
 
Re: Dana Tabungan KSM
Tim Mikro Kredi KMP, 22 Februari 2012, jam 17:09:01
Dana Tabungan KSM
Helmi Adam, 2 Februari 2011, jam 13:14:53


Teman-teman yang tercinta.... terima kasih atas pertanyaan kepada kami.

Menanggapi yang disampaikan Sdr. Helmi Adam, sbb :

1) Apa guna tabungan KSM? Tabungan KSM merupakan jaminan (tanggung renteng) ketika KSM peminjam sudah melunasi pinjamannya, maka tabungan/jaminan tersebut dikembalikan, dengan demikian dananya harus tersedia setiap saat, sehingga tabungan/jaminan (tanggung renteng) tersebut tidak boleh digulirkan. Di sisi lain, UPK belum memenuhi persyaratan yuridis dimana tidak diperkenankan menerima dana masyarakat diluar tanggung renteng (KSM peminjam) atau berdasarkan Undang-Undang Perbankan No. 7 tahun 1992 yo. Undang-Undang No. 10 Tahun 1998, pasal 6, ayat-1: Setiap pihak yang melakukan kegiatan menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan wajib terlebih dahulu memperoleh ijin usaha sebagai Bank Umum atau Bank Perkreditan Rakyat dari Pimpinan Bank Indonesia, kecuali apabila kegiatan menghimpun dana dari masyarakat diatur dalam undang-undang tersendiri.
2) Semua dana yang masuk dan atau keluar dari/ke UPK “harus dicatat”, karena sebagai prinsip akuntabilitas.
3) “ASSET” adalah kekayaan yang dimiliki UPK, sedangkan “TABUNGAN KSM” adalah kewajiban yang harus dipenuhi UPK sesegara mungkin (kewajiban lancar).


Semoga bermanfaat….
Tanggapan 4
 
Re: Dana Tabungan KSM
agus hariyanto, 23 Februari 2012, jam 15:13:05
Trims teman-teman atas tanggapan ataupun pencerahannya ... Pak Kusdarminto (my Best teacher), teman-teman Mikro KMP .. terima kasih atas tanggapannya.

Sebenarnya kami sangat membutuhkan forum ini, untuk saling berdiskusi ... tentunya dengan jiwa yang bersih untuk menimba ilmu ... menyampaikan pengalaman lapang .... dan lain-lain. Maaf, mungkin beberapa waktu yang lalu apa yang pernah saya sampaikan kurang berkenan di dalam hati teman-teman ... sekali lagi mohon maaf. Yang pasti tidak dalam kesengajaan kami menyunggung perasaan teman-teman , prinsipnya kita saling berbagi.

Ok, menanggapi jawaban pak Kusdarminto dan teman-teman team Mikro KMP, saya memang lebih setuju kalau tabungan KSM tetap dicatat di akun UPK .... Tetapi, saya kurang setuju kalau dana yang berasal dari tabungan KSM termasuk asset UPK. Dasar saya mengatakan hal ini sebab, kalau dikatakan asset UPK, mestinya UPK punya hak untuk mengelola dana tersebut, sedangkan untuk dana tabungan dari KSM hanya berupa titipan dan kita tidak boleh mengelolanya.

Beberapa waktu yang lalu, ketika saya menemani team WB tersirat bahwa WB tidak berkenan ketika melihat ada akun tabungan KSM di Neraca UPK. (tersirat = membaca dari nada bertanya soal tabungan KSM kok ada di Neraca UPK). Mudah-mudahan artinya nggak seperti yang saya siratkan, Thanks.

Salam EmKa, sukses selalu, amin.


Kembali ke atas | Kirim tanggapan | Kirim pesan baru
Jl. Penjernihan I No 19 F1 Lantai II,
Pejompongan Jakarta Pusat
Total pengunjung hari ini: 722, akses halaman: 729,
pengunjung online: 19839, waktu akses: 0,046 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank