Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Forum
,
Selamat datang di website KOTAKU.
HomeForumFaskel & BKMFaskel; Nasibmu.....
Faskel; Nasibmu..... 
Kun Prastowo, 10 November 2011, jam 18:59:16
Fasilitator Senior, Teknik, Sosial dan Keuangan adalah pendamping pelaksanaan PNPM MP yang setiap saat dengan setia melakukan bimbingan dan arahan agar pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan di wilayah dampingannya berjalan sesuai mekanisme dan siklus PNPM MP.

Begitu juga Faskel KW-38, dibawah komando Rahmat Firdaussalam, yang mendampingi kelurahan Jebres, Pucangsawit, Jagalan, Sudiroprajan, Tegalharjo, Gandekan, Sewu dan Purwodiningratan di Kecamatan Jebres Kota Surakarta.

Boleh dikatakan; merekalah sebenarnya; the real hero!!! Kenapa bisa begitu??? Kita tahu karasteristik masyarakat Solo yang gampang-gampang susah apabila diajak melaksanakan siklus PNPM MP, tidak jarang mereka harus pandai-pandai menyiasati waktu, dan tidak jarang sampai tengah malam pun dengan penuh tanggung jawab mereka tetap mendampingi pertemuan maupun rembug warga.

Belum lagi kondisi greografis wilayah dampingan yang begitu luas.... mereka harus sabar dan terstruktur melakukan pendampingan itu.

Satu hal yang menjadi catatan saya berkaitan kinerja mereka: Dalam kondisi keterbatasan, mereka tetap bersemangat melaksanakan tanggung jawab hingga tuntas..... Saya katakan dalam keterbatasan karena; menurut idealnya; Faskel mestinya mendapatkan kantor yang representatif; ber-AC, perlengkapan pendukung seperti komputer, printer dan alat komunikasi canggih lainnya. Namun, kenyataannya mereka hanya berada disebuah kantor yang disewa dari PKK Kelurahan Jebres, dan kantor itu jauh dari kata representatif, bahkan boleh dibilang kumuh dan minim fasilitas!!!!

Sebagai agen perubahan; semestinya Faskel mampu menampilkan performa yang baik; mudah dijangkau LKM, KSM maupun warga serta mudah berkoordinasi dengan pihak lain seperrti Pemerintah Kota, wartawan maupun pihak-pihak lain yang peduli dengan penanggulangan kemiskinan.

Kalau kita tengok ke tingkatan yang lebih tinggi lagi; yakni Korkot Kota Surakarta pun juga baru sekitar setahun terakhir mendapatkan perhatian dari Pemkot Solo dan mendapat base camp yang lumayan walau disana-sini atapnya banyak yang bocor; Korkot Kota Solo menempati sebuah gedung yang berdampingan dengan TKPKD Kota Solo...

Kembali ke Faskel; apakah dari manajemen Konsultan yang membawahi-nya; tidak memperhatian kondisi tersebut??? Alangkah lancarnya kegiatan PNPM MP; apabila faskel mendapat fasilitas yang sedikit lebih baik dari kondisi sekarang??!!

Sebagai anggota LKM Mitra Sejahtera Kelurahan Jebres; saya hanya dapat turut prihatin dan membantu menyuarakan kondisi itu melalui forum ini dengan harapan ada pihak-pihak yang memperhatikan. Kondisi kini janganlah mengurangi semangat kalian dalam melakukan pendampingan.... Tetap semangat!!!!!


[Kirim tanggapan | Kirim pesan baru]



Tanggapan 1
 
Re: Faskel; Nasibmu.....
cah angon, 26 Desember 2011, jam 11:48:28
The Real hero???? .....
menurut panjenengah berarti faskel tuh pahlawan dengan tanda jasa po????
trus relawan, bkm, up dll tuh apa statusnya ....
The Unreal Hero! po....
Tanggapan 2
 
Re: Faskel; Nasibmu.....
purnama jaya, 17 Februari 2012, jam 14:47:32
kalau di madura menjadi fasilitator korban kecuekan korkot...ha..ha..ha...
Tanggapan 3
 
Re: Faskel; Nasibmu.....
Muhammad Nur Hatta, 7 Juni 2012, jam 21:40:58
walah..de kun saiki bkm to?aq yo faskel..piye mengGENTABUMIkan PNPM..senangnya...


Kembali ke atas | Kirim tanggapan | Kirim pesan baru
Jl. Penjernihan I No 19 F1 Lantai II,
Pejompongan Jakarta Pusat
Total pengunjung hari ini: 10439, akses halaman: 11764,
pengunjung online: 9802, waktu akses: 0,035 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank