Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Forum
,
Selamat datang di website KOTAKU.
HomeForumFaskel & BKMPermohonan Pelatihan Forum
Permohonan Pelatihan Forum 
Ari Lanang Arfiyanto, 25 Desember 2011, jam 8:44:30
Kepada Yth.
KMW Provinsi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta

Salam hormat,
Mohon sekiranya dalam rangka peningkatan kapasitas Forum BKM di tiap Kabupaten.
Sudilah kiranya KMW dapat memberikan anggaran fix cost untuk Pelatihan Forum BKM Kabupaten se Provinsi dan dapat dilaksanakan di KMW
Dengan harapan bisa saling sharring antar kabupaten dan demi kemajuan bersama.
Mohon sekiranya permohonan pelatihan ini dapat selenggarakan .

Terima kasih
by Ari Lanang
Koordinator Forum Komunikasi Antar BKM Kab. Pekalongan.

[Kirim tanggapan | Kirim pesan baru]



Tanggapan 1
 
Re: Permohonan Pelatihan Forum
cah angon, 26 Desember 2011, jam 11:44:06
Setuju!!! bang Ari
Tanggapan 2
 
Re: Permohonan Pelatihan Forum
Ari Lanang Arfiyanto, 26 Desember 2011, jam 20:56:23
Mana nich KMW kok gak bisa jawab.....
Sangat kami tunggu...
Tanggapan 3
 
Re: Permohonan Pelatihan Forum
Imanudin Imanudin, 27 Desember 2011, jam 20:40:19
Kepada Yth
Pak Ari Lanang Arfiyanto

Terima Kasih atas inisiatifnya untuk melakukan pengembangan kapasitas Forum Komunikasi BKM Kabupaten se Provinsi, hal ini sangat menarik dan perlu diperjuangkan untuk dapat dilaksanakan. Perlu di ketahui untuk alokasi dana fixed cost sampai saat ini tidak ada alokasi untuk kegiatan pelatihan Forum BKM, semua alokasi dana fixed cost hanya dialokasikan untuk kegiatan pengembangan kapasitas di tingkat Desa/Kelurahan.

Namun untuk mewujudkan kegiatan pelatihan FK BKM se Provinsi kalau belum ada alokasi dananya, Bapak dan Rekan - rekan FK BKM Kabupaten lainnya serta rekan rekan di Korkot dan KMW dapat mendorong kemitraan dengan berbagai pihak, baik dengan lembaga swasta maupun pihak Pemerintah Provinsi. menurut saya FK BKM se Provinsi Jateng dan DIY dapat mengisiasi kegiatan ini sehingga dapat ditiru oleh Provinsi lainnya.

Semoga kegiatan ini dapat berhasil dilaksanakan melalui upaya kemitraan, dan semoga sukses selalu bagi FK BKM Kabupaten se Provinsi Jateng dan DIY.


Imanudin
Tanggapan 4
 
Re: Permohonan Pelatihan Forum
Ari Lanang Arfiyanto, 29 Desember 2011, jam 11:03:07
Terima kasih mas Imanudin...
Pada hakikatnya kami sependapat dengan anda. Harapan kami KMW melalui Forum BKM Provinsi bisa mengimplementasikan keinginan kami. Silakan untuk pendanaan bisa dimitrakan melalui stakeholders yang ada.

Kami menunggu kabar berikutnya agar pelatihan itu dapat terwujud
terima kasih
Tanggapan 5
 
Re: Permohonan Pelatihan Forum
farid zuhri, 29 Desember 2011, jam 11:14:09
ehm.. ehm... semoga saja tidak salah... sebenarnya pelatihan KBP dan Forum BKM pernah dialokasikan di kontraktual manajemen, tapi ya begitu pelatihan KBP, Penguatan FKA BKM atau kegiatan tingkat kota lainnya "umumnya" pendanaannya terkalahkan karena kontrak amandemen yang terus-terusan akhirnya dananya digeser untuk alokasi yang lain... hmmmm...
Tanggapan 6
 
Re: Permohonan Pelatihan Forum
Ari Lanang Arfiyanto, 1 Januari 2012, jam 22:35:25
Terus kapan kiranya ada anggaran (baik amandemen ataupun program awal) untuk pelaksanan PELATIHAN

TOLONG DIPERHATIKAN PELATIHAN BAGI FORUM Penting.....apa ya?...apa ya?...malu...malu...
Tanggapan 7
 
Re: Permohonan Pelatihan Forum
SURYA W SIAGIAN, 4 Januari 2012, jam 19:20:16
Untuk: Bang Imanudin

Kalau bang Imanudin mengatakan dana fix cost untuk pelatihan pelatihan Forum BKM tidak ada, maka ijinkan saya untuk meralatnya. Sepengetahuan saya, pada periode pimpro-nya pak Arianto (tahun 2004) sudah memberikan bantuan kepada Forum BKM Kab/Kota. Saya dan Pak Sonhaji pernah menjadi nara sumber ketika pelatihan Forum BKM Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Tuban. Sekali lagi, dana pelatihan tersebut merupakan bantuan dari Pak Arianto selaku PMU.

Ini hanya memberikan gambaran, kalau PMU/SNVT Pusat mau sedikit peduli terhadap Forum BKM yang diamanatkan untuk dibentuk, maka persoalan dana bukan menjadi suatu penghalang, sekali lagi hanya butuh sedikit kepedulian. (Saya jadi kangen membaca tulisan pak Arianto di Mimbar Bebas, karena beliau bisa menerima krtitik dan beda pendapat untuk menanggapi tulisannya).

Saya setuju saran Bang Imanudin agar mendorong kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk dari Pemerintah Provinsi untuk membiayai pelatihan Forum BKM. Tetapi, (alat/media) apa yang digunakan untuk mendorong kemitraan tersebut? Saya tidak suka dengan istilah ‘mendorong’ dan yang didorong adalah Korkot dan KMW untuk melobby Pemerintah Daerah. Apalagi kalau yang didorong adalah Forum BKM. Kesan saya, Pusat mencoba lepas tanggung jawab terhadap pembentukan Forum BKM. Di samping itu hasil yang didapat bisa jadi tidak sama. Di satu Pemda mungkin mau membantu, tetapi dilain Pemda bisa jadi enggan membantu. Hal ini karena back up dari konsep “mendorong” tidak ada.

Kalau SNVT Pusat mau sedikit berusaha, maka persoalan dana bukan masalah. Saya sangat yakin kalau Pusat tahu besaran alokasi BOP masing masing Provinsi untuk menangani pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan. Tapi, pernakah Provinsi diajak komunikasi untuk mengalokasikan sebagian BOP tersebut untuk pelatihan Forum BKM? Sebagai gambaran alokasi dana BLM di Jawa Timur sekitar Rp. 200 Milyar, kalau BOP Provinsi sebesar 1% dari BLM, maka BOP Provinsi Jawa Timur sebesar Rp 2 Milyar. Kalau dari BOP tersebut diarahkan (disepakati) 10% digunakan untuk pelatihan Forum BKM, maka akan teralokasikan Rp 200 Juta. ……… Huuua ini duit gede untuk pelatihan Forum BKM.

Membangun kesepakatan dengan Pemerintah Daerah (Bappeda/TKPKD) dalam pemanfaatan dana BOP dan ditindaklanjuti dengan Surat dari Kementrian PU/ Kemendagri yang juga tentang pemanfaatan dana BOP Daerah merupakan alat/media untuk mendorong kemitraan.

Saya sudah lama mengusulkan agar ada arahan pemanfaatan dana BOP baik di level Kabupaten/Kota maupun Provinsi. Tapi usulan ini ditolak hanya dengan alasan otonomi daerah. Bagi saya alasan itu mengada- ada, yang mengakibatkan TIDAK ADANYA perhatian pada Forum BKM.

Nahh, mungkin sekarang tinggal Bang Imanudin untuk bisa mendorong PMU untuk melakukan koordinasi dengan Pemeintah Daerah tentang pemanfaatan BOP atau minimal mendorong Kementrian PU untuk menerbitkan surat kepada Pemerintah Daerah.

Kerja dan usaha Bang Imanudin sangat dinanti nanti oleh Forum BKM seluruh Indonesia. Saya dan teman teman Forum BKM sangat percaya, bahwa dengan semangat tahun baru bang Imanudin akan memperjuangkannya, paling tidak mampu mendorong pelaku Pusat.
Tanggapan 8
 
Re: Permohonan Pelatihan Forum
Ari Lanang Arfiyanto, 11 Januari 2012, jam 0:11:00
Sip.....
Makasih bang atas Surya
Infonya...

Ayo bang imadudin..... Dorong PMU ntuk bisa menghidupkan Forum BKM

JANGAN DIBENTUK terus DITINGGAL...
Tanggapan 9
 
Re: Permohonan Pelatihan Forum
edi Yanto, 15 April 2012, jam 23:14:08
Klw begitu Seluruh KMW Di Tingkat provinsi Agar Bisa Menambah Jadwal Kegiatan Kerja.
Khususnya PELATIHAN FORUM BKM. Minimal Di Tingkat Kabupaten. Agar Tujuan Dari PNPM Selama Ini Bisa Berjalan Sesuai Dengan Yang Di Inginkan.


Salm PNPM-MP

Dari

Koordinator LKM MAJU BERSAMA. BALAH HILIR. senangnya...
Tanggapan 10
 
Re: Permohonan Pelatihan Forum
SURYA W SIAGIAN, 15 April 2012, jam 23:38:42
Tanggapan edi Yanto sebenarnya juga mengingatkan ama bang Imanudin untuk mendorong Pusat menerbitkan surat tentang alokasi dana untuk forum BKM dari BOP, baik oleh provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Jangan lupa loh.......
Tanggapan 11
 
Re: Permohonan Pelatihan Forum
Bkm Alfata Koordinator, 4 Januari 2013, jam 7:58:08
salam kenal, slam kompak dari kami Forum BKm Kab.Sukabumi... atas usulan dan permohonannya tentang pelatihan Forum BKM, kami pun sangat setuju pisan euy... kami dukung. terimaksih, mari bangkit bersama untuk mandiri... Salam pemberdayaan.
Tanggapan 12
 
Re: Permohonan Pelatihan Forum
Ari Lanang Arfiyanto, 17 Februari 2013, jam 22:20:13
Mana realita SNPT ataupun KMW mau menjalankan Forum BKM

Ternyata kita dibentuk....setelah itu...???????
Tanggapan 13
 
Re: Permohonan Pelatihan Forum
Bkm Alfata Koordinator, 10 Maret 2013, jam 17:10:53
sangat super saran & permohonannya,.... kita juga dari forum antar BKM se Kab.sukabumi, idem atas permohonanya... semoga dapat segera di respon & di tindaklanjuti oleh para pemangku kebijakan. salam Pemebrdayaan... senangnya...


Kembali ke atas | Kirim tanggapan | Kirim pesan baru
Jl. Penjernihan I No 19 F1 Lantai II,
Pejompongan Jakarta Pusat
Total pengunjung hari ini: 1378, akses halaman: 1869,
pengunjung online: 3807, waktu akses: 0,031 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank