Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Forum
,
Selamat datang di website KOTAKU.
HomeForumPLP-BKND=1 Milyar.. (dari langit?)
ND=1 Milyar.. (dari langit?) 
Rizal Singarimbun, 13 Januari 2012, jam 10:25:43
Assalaamu'alaikum.Wr.Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua....

Semoga ALLAH SWT senantiasa melimpahkan rahmat, hidayah dan barokahnya kepada semua anak bangsa yang memiliki empati & kepedulian untuk "membangun" negeri kita tercinta dan memberdayakan msyarakatnya.

Tak terasa tahun sudah berganti. Hari dan bulan sudah terlampaui, bahkan di beberapa daerah, tahun demi tahun telah dilewati dalam kaitannya dengan pelaksanaan PLPBK (ND). Ada yg sudah berjalan "baik", beberapa daerah masih "berjuang", namun ada beberapa daerah yg justru kini mulai kehilangan orientasi & motivasi dalam pelaksanaan PLPBK di daerahnya.
Saya belum terlalu banyak memiliki referensi, namun dari beberapa yg saya ketahui ternyata dekadensi motivasi tsb disebabkan karena "harapan" masyarakat yg dirasa mulai "terbang".
Dari pengamatan saya, hal itu adalah akibat dari mis-persepsi yg tumbuh dan seperti "dibiarkan" tetap ada di tengah masyarakat bahwa jika daerah (desa) nya terpilih untuk melaksanakan PLBK maka itu sama artinya dgn turunnya dana senilai Rp. 1 Milyar. Walaupun memang pagu anggarannya adalah sampai dgn sebesar itu, namun banyak yg tidak mengetahui (masyarakat & pemerintahan desa) bahwa ada banyak syarat & hal yg harus dipenuhi & dikerjakan sebelum dana tsb bisa dicairkan. Itupun ada tahapannya, tidak langsung turun senilai Rp. 1 Milyar sebagaimana yg mereka bayangkan.
Bisa dipahami jika masyarakat yg kecewa karena "harapan" dan "impian" mereka ternyata tidak sesuai dgn kenyataan yg memang seharusnya mereka temui.
Akan tetapi sebenarnya kekecewaan masyarakat itu tidak perlu berlarut-larut sekiranya ada tindakan yg dapat menimbulkan motivasi & harapan baru, yg - kali ini - memang ditumbuhkan dalam koridor dan tempat yg benar, serta berdasarkan pemahaman yg benar tentang PLPBK berikut dana 1 M nya itu.
Sayang sekali sampai saat ini masih sulit didapati "grand design" pelaksanaan PLPBK yg mampu memberikan dan menumbuhkan pemahaman yg benar & baik bagi masyarakat.
Padahal, jika ada konsep tersebut yg bisa menjelaskan bahwa keleluasaan yg diberikan kepada mereka untuk merencanakan pembangunan lingkungan di daerah mereka sesuai dgn kondisi komuni/masyarakat di daerah tsb, akan membuat daerah mereka tumbuh dan berkembang lebih baik sejalan dengan denyut nadi kehidupan mereka sendiri. Apalagi jika mereka bisa menselaraskan dgn master plan pembangunan di sekitar mereka yg - mungkin - sudah dibuat oleh pemerintah daerah setempat.
Bisa dibayangkan seberapa besarnya dana yg akan tersalurkan untuk pembangunan di desa tersebut. Bukan hanya 1 Milyar, namun mungkin sekali berlipat 10x atau lebih.
Seyogyanya hal itu lah yg muncul dalam "grand design" pembangunan di desa mereka masing-masing. Bukan hanya membangun dgn dana sebesar 1 Milyar, melainkan pembangunan "semesta" di desa tersebut dengan memanfaatkan dana senilai 1 Milyar tsb hanya sebagai "trigger" ataupun katalisator nya.

Seandainya saja ada upaya pencerahan dan pemberdayaan masyarakat di desa pelaksana PLBK yg mampu mengubah mindset & paradigma masyarakat ke arah yg benar, tepat & baik..............

Ironisnya, masih ada TA Perencanaan yg "sekedar" membuat "design" suatu desa yg "maju" dengan penataan lingkungan yg baik, tapi sayangnya tidak memperhatikan kondisi sosio-ekonomi masyarakat di daerah tsb, sehingga "design" indah tersebut hanya akan menjadi "mimpi" yg mengapung di awang-awang.
Akhirnya, TA Pendamping Pemasaran (TAPP) yg muncul belakangan menjadi kebingungan dalam bekerja, terlebih jika mereka sendiri juga tidak/kurang memahami apa yg harus dipasarkan. Lebih ironis lagi jika sang TAPP ternyata memiliki pekerjaan lain yg cukup cerah, sehingga - mungkin - muncul anggapan.. "ah..sudahlah, gak dapat xxx juta dari pekerjaan ini juga ra pathek-en (tidak apa-apa)...."
Makin suramlah nasib harapan & impian masyarakat di desa tsb....

Mohon maaf jika ada penyampaian saya yg salah atau menyinggung perasaan. Sesungguhnya saya hanya ingin kita semua mau lebih meninggikan empati & kepedulian, agar masyarakat yg sudah bingung akan nasib bangsa ini akan sedikit terobati dengan keberhasilan PLPBK di daerahnya.

Selamat bertugas & berjuang, rekan-rekan semua..... Semoga ALLAH merahmati kita semua.... Amiin

[Kirim tanggapan | Kirim pesan baru]



Tidak ada tanggapan
 


Kembali ke atas | Kirim tanggapan | Kirim pesan baru
Jl. Penjernihan I No 19 F1 Lantai II,
Pejompongan Jakarta Pusat
Total pengunjung hari ini: 1584, akses halaman: 1592,
pengunjung online: 20832, waktu akses: 0,032 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank