Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Forum
,
Selamat datang di website KOTAKU.
HomeForumManajemen KeuanganPenutupan Laba UPK
Penutupan Laba UPK 
indra gunawan, 25 Juli 2012, jam 14:07:13
Mbak, mas fasilitator di seluruh indonesia kenalkan saya UPK di wilayah klaten, mau bertanya: sebenarnya laba UPK itu setiap bulan boleh ndak to ditutup bukukan untuk alokasi BOP BKM, Pemupukan modal, Lingkungan, sosial sesuai AD/ART yg artinya tidak satu tahun sekali dalam penutupan buku.Terus terang saja di BKM saya itu pembiayaan utk operasional BKM relatif cukup besar sementara dana BOP tidak ada dan kegiatan BKM misalnya rapat dll hanya mengandalkan alokasi laba dari UPK, jadi setiap bulan harus merealisasi alokasi laba dari UPK. Kondisi ini membuat laporan di neraca kami tidak ada laba tahun berjalan karena sudah ditutup setiap bulanya, mohon perhatianya

[Kirim tanggapan | Kirim pesan baru]



Tanggapan 1
 
Re: Penutupan Laba UPK
kusdar minto, 25 Juli 2012, jam 15:38:13
Tahun buku UPK adalah 1 Januari sd akhir Desember tahun yang sama. Untuk itu sebaiknya tutup buku dilakukan setiap akhir tahun, sehingga setia akhir tahun ada 2 Neraca, yakni Neraca sd akhir Desember dan Neraca tutup buku
Tanggapan 2
 
Re: Penutupan Laba UPK
indra gunawan, 26 Juli 2012, jam 14:04:30
Makasih pak/mas kus darminto atas perhatianya,,,tapi prisipnya laba UPK DITUTUP tiap bulan jg ndak masalah kan? gini pak/mas kus di BKM kami tiap bulan merealisasikan utk kegiatan lingkungan dan sosial disamping juga bkm tidak boleh hutang pada UPK jika untuk kbutuhan rapat dll. Jadi kalo UPK tidak menutup pembukuan tiap bulanya maka bkm akan utang pada upk...............masak bkm kok utang sama upk. sehingga UPK kami tutup tiap bulan dan kami realisasikan pada alokasinya masing-masing. Masak kondisi lapangan sprti ini harus mengikuti thn kalender jan-des.
Tanggapan 3
 
Re: Penutupan Laba UPK
ngurah durya, 26 Juli 2012, jam 16:18:53
Kepada Yth.
Indra Gunawan
UPK di Wilayah Klaten
di tempat

Dengan hormat
Terimaksih atas pertanyaan yang baik ini. sebelumnya saya sampaikan:
1. bahwa yang disampaikan oleh bp. Kusdarmintio adalah benar.
2. Sesuai acuan dalam pedoman pembukuan dan pinjaman bergulir bahwa pembagian/alokasi laba UPK untuk BKM, termasuk juga kegiatan Lingkungan, Sosial, BOP BKM dan Pemupukan modal, adalah dapat dilakukan pada awl tahun berikutnya.
3. Mengingat jumlah dana yg digulirkan, dan hasil laba yang akan dialokasikan, maka alokasi laba UPK harusnya dilakukan dari laba akhir tahun.
4. Mohon alokasi laba UPK sesuai dengan ART, dan penggunaannya pada kegiatan BKM adalah sesuai dengan ART/PJM/Renta juga
terimaksih

Ngurah Durya
0818297877
Tanggapan 4
 
Re: Penutupan Laba UPK
agus hariyanto, 30 Juli 2012, jam 16:10:50
Saya kira temen-temen di tingkat lapang lebih tahu permasalahan lapang, .... baik itu terkait dengan efisiensi penggunaan BOP BKM (BOP BKM wajib direncanakan dan dievaluasi, maksimal 3 bulan sekali)... pemikiran tentang keberlanjutan sebuah program PNPM-MP di BKM ybs.... dll. Saya rasa alokasi laba UPK setiap bulan nilainya tidak terlalu besar untuk mendanai kegiatan Lingkungan, apakah nggak lebih baik Laba UPK dialokasikan setiap akhir tahun (karena memang SOP kita demikian).

Gimana teman-teman Askot MK Klaten, mungkin bisa dianalisis lemparan usulan dari temen-temen di kelurahan/BKM teman kita Mas Indra Gunawan.

Selamat berjuang, semoga sukses, amin
Tanggapan 5
 
Re: Penutupan Laba UPK
Retno Widiarti, 31 Juli 2012, jam 12:31:07
Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan oleh Sdr. Indra Gunawan, Terimakasih juga atas tanggapan-tanggapan yang telah diberikan. Selama ini yang berlaku di Kabupaten Klaten untuk pengalokasian laba UPK sesuai dengan SOP yang ada yaitu dilakukan setelah tutup buku dan dialokasikan pada awal tahun berikutnya. Sepengetuhan kami, tidak ada laba UPK keseluruhannya ditutup dan dialokasikan tiap bulan sehingga di neraca tidak ada laba tahun berjalan. Namun demikian, apabila Sdr. Indra Gunawan ingin berdiskusi lebih lanjut mengenai hal tersebut, bisa menghubungi kami, Korkot PNPM Mandiri Perkotaan, Jln. Merapi No. 6, Gayamprit, Klaten Selatan, Klaten, atau kami juga dengan senang hati akan siap berkunjung dan bersilaturahmi ke UPK & BKM, apabila Sdr. Indra Gunawan berkenan untuk menyampaikan alamatnya.terima kasih salam sukses
Tanggapan 6
 
Re: Penutupan Laba UPK
kusdar minto, 31 Juli 2012, jam 14:38:57
Untuk menghindar tekornya dana BOP BKM, sebaiknya setiap akhir tahun, BKM menyulsun Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya BKM (RAPB), yang secara garis besar isinya terdiri dari Rencana Pendapatan dari sumber-sumber dana BOP BKM (prosentase BLM, prosentase alokasi laba UPK untuk BKM, hibah dll) serta Rencana penggunaan BOP tersebut.
Idealnya dana yang akan diperoleh tidak lebih kecil dibanding rencana penggunaan biaya operasional BKM.Apabila dalam menyusun RAPB ternyata diperoleh angka minus, maka Rencana penggunaan biaya BOP harus lebih dihemat sehingga minimal sama dengan Rencana Pendapatan.
Bila RAPB sudah disusun dan disetujui dalam RWT realisasi penggunaan dana BOP BKM harus dikendalikan setiap bulannya, besarnya tidak boleh melebihi dari jumlah yang dianggarkan.
Kalo lokasi BKM ada di Klaten, di KMW ada pak Agus Haryanto, dan ada mBak Retno yang ahli dibidang itu. Tanya aja langsung.
Trims.

Salam untuk Pak Agus, mBak Rento dll
Tanggapan 7
 
Re: Penutupan Laba UPK
agus hariyanto, 31 Juli 2012, jam 15:40:36
Pa khabar my best teachers ... mr Kusdarminto .... sehat khan, Semogalah .....
Gimana mas Indra Gunawan ada ajakan diskusi dari mbak Retno Widiarti, silahkan menghubungi kantor korkab Klaten (seperti tersebut di atas), atau melalui faskel ekonomi yang mendampingi mas Indra Gunawan.

Sebaiknya kita jangan menggunakan istilah penutupan laba UPK, akan lebih pas kalau kita gunakan istilah pengalokasian (alokasi) laba UPK. Sebab kalau kita menggunakan istilah penutupan laba UPK ataupun pembagian laba UPK, konotasinya akan berbeda. Sedangkan di UPK sendiri kita punya istilah penutupan buku (UPK), yaitu menutup akun-akun nominal (akun-akun yang ada di laporan laba/rugi UPK). Memang sih, alokasi laba UPK terkait langsung dengan tutup buku (setelah tutup buku, bila diperoleh laba maka dilakukan alokasi laba). Tetapi yang pasti tutup buku hanya boleh dilakukan di akhir periode akuntansi (di UPK akhir Desember).

Yang cukup menarik untuk didiskusikan dalam hal ini adalah “bagaimana kalau BOP BKM yang sudah direncanakan seefisien mungkin, tetapi masih tidak mencukupi untuk melakukan kegiatan rutin BKM, karena BOP BKM sudah minim. Padahal kegiatan BKM harus berjalan terus (berkelanjutan)... Swadayakah, sementara di satu sisi sudah sangat sedikit anggota BKM yang peduli”.

Kalau saya fungsi utama adalah kepedulian seluruh stakeholder di tingkat kelurahan harus dibangun lagi ... sehingga tugas BKM, UP-UP BKM sedikit banyak tidak overload .... yang pada akhirnya proses PNPM-MP dapat berjalan dengan sendirinya .... semogalah, amin.

Selamat bekerja, sukses selalu, amin.
Tanggapan 8
 
Re: Penutupan Laba UPK
tursaman tursaman, 6 September 2012, jam 16:57:00
Untuk sahabatku
Mas Indra yth,

Sedikit berpartisipasi...... untuk tutup buku saya pikir dari Pak Kusdarminto, dan teman teman yg lain sudah jelas.... yg perlu kita ingat bahwa untuk operasional BKM seharusnya didanai dari Biaya Operasional BKM yang dikelola oleh sekretariat BKM, dan sangat baik jika BKM seperti saran dari kawan yg lain, setiap awal tahun itu dibuat Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPB) karena ini sangat membantu terhadap penggunaan biaya operasional BKM, setiap bulannya biaya operasional bisa dievaluasi jika memang over cost, dan bisa diperbaiki untuk kedepannya......

Peruntukkan keuntungan UPK salah satunya untuk menutupi operasionalnya UPK bukan BKM karena BKM mempunyai biaya operasional tersendiri walaupun terbatas, dalam keterbatasan ini lah kita harus pandai dan jeli mengatur biaya operasional untuk hal hal yg memang sangat urgen di BKM,dan kita juga bisa membatasi diri untuk pengeluaran yg memang kurang begitu penting, karena UPK sendiri punya kebutuhan sendiri, dan UPK hanya mengandalkan operasional dari keuntungan pinjaman berguliruntuk bisa tetap eksis dalam menjalankan aktivitasnya......

Demikian partisipasi saya, saya mohon maaf apabila tanggapan saya tidak sesuai dengan harapan Mas Indra..

salam
Tursaman
Banda Aceh
Tanggapan 9
 
Re: Penutupan Laba UPK
agus hariyanto, 14 September 2012, jam 10:55:58
Salam MK mas Tursaman, By the way .... gimana askot MK-nya udah ada atau masih kosong, kira – kira masih ada peluang nggak ya untuk ngelamar ... he .. he .. he ..

Mas, boleh komentar sedikit dengan pernyataan mas Tursaman ya, .... hitung-hitung diskusi ...terkait dengan kalimat ... “ Peruntukkan keuntungan UPK salah satunya untuk menutupi operasionalnya UPK bukan BKM... Menurut pemahaman saya ... keuntungan sama dengan Laba. Laba dihitung dari Pendapatan dikurangi biaya operasional UPK, hal ini berarti bahwa opersional UPK sudah ditutup (atau udah di-cver) dari pendapatan UPK yang diperoleh. Oleh karenanya kalau Keuntungan/Laba UPK diperuntukan untuk menutupi operasional UPK, maka ada 2 kali biaya operasional UPK yang harus ditutup. Jadi menurut hemat saya, justru Laba/keuntungan UPK perlu dialokasikan ke BOP BKM, karena BOP BKM yang jumlahnya sedikit, padahal kegiatan yang kita tuntut dilakukan oleh BKM/LKM cukup banyak dan berat, Jadi mestinya perlu subsidi dari bagian keuntungan UPK. Kalau RAPB wajib ada, dan harus diterapkan oleh BKM/LKM untuk pengendalian, baik untuk BOP maupun untuk BLM Tridaya.

Sukses selalu, amin


Kembali ke atas | Kirim tanggapan | Kirim pesan baru
Jl. Penjernihan I No 19 F1 Lantai II,
Pejompongan Jakarta Pusat
Total pengunjung hari ini: 10626, akses halaman: 11981,
pengunjung online: 9999, waktu akses: 0,031 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank