Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Forum
,
Selamat datang di website KOTAKU.
HomeForumS I MData Valid or Manipulasi Dat
Data Valid or Manipulasi Dat 
Blue Orchid, 3 Oktober 2012, jam 11:02:58
Yang manakah anda pilih…???? Data Valid yang sesuai dengan lapangan atau Manipulasi Data….?????

Inilah problem yang selalu dihadapi oleh teman2 Asmandat Korkot yang ada di smua PNPM Mandiri Perkotaan…….Pada saat diminta Data oleh pihak KMW or KMP tapi data yg diminta belum dimasukkan oleh teman2 faskel yang dilapangan………jalan satu2nya yg harus dibuat adalah manipulasi data……entah data tersebut yg buat asmandat sendiri or korkot sendiri yang buat………karena ditempat atau lokasi tempat saya bekerja sebagai asmandat ……......bila data yang diminta tidak ada atau belum dimasukkan oleh teman2 faskel yang buatkan adalah Korkot………terus untuk backup data (hardcopy) tersebut baru masuk tahun depan ketika data (softcopy) yang sudah dimasukkan menjadi basi……Sekarang siapa yang harus disalahkan Korkot yang buat data tersebut, Asmandat yang menginput data atau teman2 faskel yang tidak memasukkan data secara rutin ke Asmandat….?????


manis kan?... senangnya... ha..ha..ha... kok bengong?... geerrrh!... kok bengong?... ha..ha..ha... senangnya... manis kan?...

[Kirim tanggapan | Kirim pesan baru]



Tanggapan 1
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
Alter Lasarudin, 5 Oktober 2012, jam 10:50:05
Problem seperti ini memang sering terjadi. Terutama untuk data PM. karena ada target yang ditetapkan oleh KMP sehingga untuk target yang tidak tercapai diupayakan agar tercapai. akhirnya jalan satu-satunya adalah manipulasi data. Sehingga di daerah saya dibuat sebuah kesepakatan bersama teman-teman faskel untuk setiap penyetoran logbook harus disertakan dengan dokumen aslinya. Contoh untuk data refleksi3 tahunan, setiap pemasukkan logbooknya harus disertakan dengan daftar hadir kegiatan tersebut. tetapi jika masih ada manipulasi data ya terpaksa yang bersangkutan dibuatkan SP saja.

STOP Manipulasi Data...
Tanggapan 2
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
hari prasetyo, 9 Oktober 2012, jam 0:05:21

siapapun yang memalsukan data, baik yang memerintah dan yang melaksanakan perintah INTEGRITAS nya patut dipertanyakan ????? Silahkan pilih mau jadi (Quiters-Champers) atau Climbers. PECUNDANG or PEMENANG !!!! itu pilihan bebas kita !
Tanggapan 3
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
Bramasto Aditya, 9 Oktober 2012, jam 18:28:31
pak alter, masak seh KMP yang menetapkan target?manis kan?...
Tanggapan 4
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
SURYA W SIAGIAN, 9 Oktober 2012, jam 18:44:40
jadi ingat istilah data di pekerjaan dulu..... Ada DATA POKOK dan ada POKOKe DATA
Atau
ungkapan Gus Dur (alm)...... Data itu kayak BH..... Nggak penting data itu... yang penting dibalik data itu mau diapain.
Tanggapan 5
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
Erwin Effendy, 10 Oktober 2012, jam 17:43:24
Asmandat adalah sebuah profesi. Seperti profesi lain yaitu Dokter, Hakim, Jaksa, Guru dll, dalam bekerja Asmandat juga terikat dengan suatu kode etik. Salah satu kode etik yang sangat penting adalah bahwa Asmandat harus memastikan bahwa yang di-input ke dalam SIM adalah VALID. Jika telah melanggar kode etik profesi apakah sejatinya masih bisa disebut sebagai orang yang profesional di bidangnya? Jika dokter bisa menghilangkan nyawa 1 orang di meja operasi & hakim di meja pengadilan, maka apakah yang akan terjadi Jika Asmandat melanggar kode etik???

Garbage IN = Garbage OUT

Sampah (data) yang dimasukkan = Sampah (kebijakan) juga yang dikeluarkan

Ayo dukung halaman "Dukung Gerakan Moral 'STOP Manipulasi Data'" (https://www.facebook.com/pages/Dukung-Gerakan-Moral-STOP-Manipulasi-Data/191553070913631)
Tanggapan 6
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
Bramasto Aditya, 10 Oktober 2012, jam 20:00:48
setuja kang erwin...yang masih berani manipulasi kita sebut "oknum" saja..senangnya...
Tanggapan 7
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
Erwin Effendy, 10 Oktober 2012, jam 21:01:51
Kalau masih sedikit (minoritas) boleh disebut "oknum" bram...

Kalau banyak (mayoritas) yang melakukan namanya gerombolan para quitter (istilah dari pak Hari).

Sisanya oknum camper dan sedikit sekali pejuang climber.

Seperti piramida, mayoritas bagian bawah adalah gerombolan quitter, sedikit bagian di tengah oknum camper dan sedikit sekali di bagian puncak piramida adalah pejuang climber. Yang mana kita?
Tanggapan 8
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
Muhid in, 12 Oktober 2012, jam 23:24:28
kalo mau valid......... WANI PIRO?.... samakan gaji dengan Asmandat KMW iso orak??ha..ha..ha...
Tanggapan 9
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
Bramasto Aditya, 13 Oktober 2012, jam 17:59:55
samakan juga kerjaannya dengan asmandat kmw..turah wani ora?ha..ha..ha...
Tanggapan 10
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
agus hariyanto, 14 Oktober 2012, jam 14:27:08
Sepakat mas Erwin, tanggungjawab Asmandat sama dengan Dokter, Hakim, Jaksa, Guru. Apabila data yang disampaikan tidak valid ... tidak tepat tidak susuai dengan kondisi riil, maka keputusan yang diambil dari data akan vatal .... walaupun mungkin tidak spatal dokter atau hakim dalam mendiagnosis / memutuskan sesuatu hal. Pertanyaannya ... apa iya asmandat salah, apabila asmandat tidak merubah data yang diterimanya dari faskel ?. Tapi, ada kewajiban dari asmandat untuk menguji kebenaran data yang diterimanya dari faskel dalam uji petik, itupun sangat terbatas.

Terus.... siapa yang salah .... apakah faskel ?, belum tentu. YANG PALING TAHU ADALAH FASKEL itu sendiri., ... faskel harus berani menampilkan data yang sesungguhnya ... seriil-riilnya .... kita harus bisa memutuskan bahwa kita bukan pecundang tetapi pemenang. Kita akan puas, apabila yang kita lakukan sesuai dengan kondisi riil yang bisa dipertanggungjawabkan .... data riil yang kita berikan (Riil dan bertanggungajawab) akan memberi masukan kepada pengambil kebijakan untuk memutuskan kebijakan secara tepat ... di sisi lain kita akan puas, secara moral kita telah berusaha membantu masyarakat miskin, yang memang menjadi tugas pendampingan kita.

Apabila teman-teman faskel memberikan data yang tidak valid .... kenapa demikian ?. Teman-teman faskel harus berani mengatakan bahwa ....... apakah faskel overload pekerjaan, sementara dituntut laporan yang mestinya tidak masuk logika dalam waktu laporan .... atau memang diminta oleh atasannya, atasannya dapat perintah dari atasannya .... dst ... dst dan dst.

Teman-teman, apabila kita belum menyampaikan data yang riil ... kini saatnya kita "Dukung Gerakan Moral 'STOP Manipulasi Data'. Kita sudah berikrar untuk sama-sama masuk dalam program ini, harus kita lakukan dengan semaksimal mungkin ... dengan ketulusan, dengan memperjuangkannnya dan dengan keiklasan ... termasuk masalah gaji, tidak saatnya kita mempermasalahkan gaji, sementara kita sudah menandatangani SPK ....

Selamat bekerja, semoga sukses dan membawa berkah bagi kita dan keluarga kita,amin.
Tanggapan 11
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
bebek penyet, 15 Oktober 2012, jam 10:25:42
kalo boleh di samakan dg timbangan dalam dagang, tak ada bedanya dg nambahi dan mengurangi timbangan dg manipulasi data untuk menyesuaikan tuntutan PAD/KPI.

Halal dan haram , masing2 telah memahaminya
Perdebatan panjang tak pernah memberi manfaat dan melegalkan pembenaran kecuali kesesatan , berapapun bayarannya
Tanggapan 12
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
Erwin Effendy, 15 Oktober 2012, jam 11:38:20
untuk bebek penyet "i like it".

usul untuk web admin. ada tombol "jempol" di setiap koment. facebook liked.
Tanggapan 13
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
Fahrian Ariffudin, 15 Oktober 2012, jam 13:11:04
setuju dengan kang erwin...

1. hanya data yang valid yang bisa dipakai acuan untuk mengambil kebijakan.
2. perlunya pemahaman menyeluruh tentang fungsi data valid di semua lini,dari internal maupun eksternal.
3. untuk web admin tambah tombol like di forum donk...


regards

rian
Tanggapan 14
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
bebek penyet, 16 Oktober 2012, jam 9:13:22
data dugunakan bukan hanya untuk analisa membuat kebijakan di "Atas", tapi dengan data itu maka menjadi reasoning bagi Team Faskel untuk mengambil tindakan intervensi yang berdasar kondisi masyarakat tentang kecenderungan budaya / perilaku dsb mereka yang diterjemahkan dalam data, misalkan : menurut data partisipasi perempuan kurang dalam kegiatan2......, maka faskel lebih mengambil tindakan pendekatan ke arah tokoh perempuan lebih intensif.......

Maka , bagi para asmandat jangan merasa profesional bila hasil olahan data sampeyan belum bisa bermanfaat sebagai input bagi penanggulangan kemiskinan di masyarakat ( bukan sekedar untuk proyek dan agar dapat gaji ).

Cobalah pikirkan kembali agar tak sama dengan penipu yang mendapat bayaran bila telah menipu.





Tanggapan 15
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
febry imkotta, 22 Oktober 2012, jam 5:14:40
pokokeDATA................ ha..ha..ha...
Tanggapan 16
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
bebek penyet, 22 Oktober 2012, jam 10:34:40
Lagipula mungkin terjadi kesalahan singkatan Asmandat, menurut fungsi dan subtansi pekerjaan mereka adalah Asisten Entry Data atau kalau tetap dengan singkatan Asmandat maka kepanjangannya : Asisten Masukkan Data.

Kalau telah berubah fungsi yg salah maka Asisten Manipulasi Data. Madah-mudahan persepsi saya , sehingga yang benar adalah Asmandat : Asisten Manajemen Data

Tanggapan 17
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
Dewa Umar, 18 Desember 2012, jam 10:26:05
Seharusnya itu kebijakan dari pusat yang realistis donk jgn terlalu berlebihan PAD nya. Buat kawan2 tukang ketik baik dr tingkat Korkot s/d Pusat jgn sok suci lah toh seluruh Indonesia sy yakin ga ada yg ga memanipulasi data khusus untuk data SIM PM...
Tanggapan 18
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
Khaerani Azhari, 12 Mei 2013, jam 21:23:28
setuju dewa umar
Tanggapan 19
 
Re: Data Valid or Manipulasi Dat
bocah mumet, 13 Mei 2013, jam 9:41:19
Kalau kelasnya TL/ TA ya enteng saja bilang "jangan manipulasi data"

kan tinggal ngejar yg dibawahnya aja kalau target gak terpenuhi

kalau data pgn valid ente2 yg di TL/TA harus siap dapat data yg tidak sesuai target n jgn panas kl datanya lambat

selama TA gak berani naggung terlambatnya data demi realnya data yaaaaa .. Omong doang !

Berani gak PAD gak tercapai tapi real ... paling juga sms n email sehari 5 kali biar dibuat tercapai !

Lapangan tu gak semudah "tukang merekap" data ...

lihat tu faskel pada tertekan gara2 gak pd mau tahu lapangan

Jd permasalahan bukan di faskel, tapi TL/TA yg tidak mau berjibaku menanggung PAD ataupun data lain yg tidak sesuai target.

Faskel mah sdh pd jengkel memenuhi tuntutan yg tdk masuk akal, jd kasih aja data bodong biar puas.

belum pernah jd faskel ya .... maklum deh

tanggapan mas Agus tu agak bijak ... jgn2 faskel overload !







Kembali ke atas | Kirim tanggapan | Kirim pesan baru
Jl. Penjernihan I No 19 F1 Lantai II,
Pejompongan Jakarta Pusat
Total pengunjung hari ini: 3121, akses halaman: 3192,
pengunjung online: 6305, waktu akses: 0,031 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank