Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Forum
,
Selamat datang di website KOTAKU.
HomeForumFaskel & BKMPEMILIHAN BKM KEL. TIPULU
PEMILIHAN BKM KEL. TIPULU 
masyarakat tipulu, 27 Maret 2013, jam 11:12:44
Assalamu Alaikum Wr Wb...
Mengawali pengaduan kami yang sifatnya hampir merupakan sebuah pertanyaan yang menurut kami sangat membutuhkan tanggapan dan kejelasan sesegera mungkin, pertama tama,,marilah kita tak henti hentinya memanjatkan Puji dan Syukur atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW karena tentunya atas Rahmat dan HidayahNya kita semua masih diberikan kekuatan untuk bekerja dengan niat Ikhlas membantu meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita yang kurang beruntung untuk keluar dari masalah kemiskinan,yang mana ini adalah merupakan salah satu tujuan dari terselenggaranya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan.
Beberapa waktu lalu di Kelurahan kami tepatnya KELURAHAN TIPULU KECAMATAN KENDARI BARAT KOTA KENDARI PROVINSI SULAWESI TENGGARA telah diadakan Pemilihan BKM OTIPULU JAYA karena kepengurusan BKM menurut AD/ART telah habis masa baktinya.
Pemilihan BKM dimulai dari Pembentukan Panitia dan Pokja-Pokja Pada hari Jumat Tanggal 1 Februari 2013, mulai dari Pokja yang menggodok AD/ART, Pokja yang menggodok Tata tertib Pemilihan, Pokja yang bekerja pada proses pemilihan sampai pada Pokja yang mengawasi jalannya Proses Pemilihan BKM yang tentunya difasilitasi oleh Pihak Pemerintah Kelurahan, Pengurus BKM lama dan masyarakat kel. Tipulu dan pihak fasilitator yang kemudian Panitia Pemilihan BKM dan Pokja Pokja yang terbentuk di SK kan oleh Pemerintah Kelurahan Tipulu dan kemudian disusul dengan beberapa rapat rapat pemantapan oleh panitia dan Pokja Pokja.
Pemilihan BKM dimulai dari pemilihan Tingkat RT yang mulai dilaksanakan pada hari Selasa Tanggal 12 Februari 2013 dimulai dari RT 01 sampai RT 14 yang berakhir pada Hari Kamis Tanggal 24 Februari 2013 yang di awasi oleh para RT/RW bersama masyarakat setempat dan memakan waktu yang cukup lama karena panitia harus selalu memperhitungkan waktu yang tepat agar tidak mengganggu kesibukan para RT dan masyarakat baik yang ingin mencalonkan diri menjadi pengurus BKM maupun masyarakat yang akan memilih dan yang terpenting adalah antusiasme masyarakat yang sangat tingggi untuk memilih orang orang yang dianggap mempunyai nilai nilai luhur untuk menanggulangi masalah kemiskinan di kel. Tipulu sehingga Proses Pemilihan BKM kali ini benar benar dirasakan sangat berbeda dengan Pemilihan BKM sebelumnya dan benar benar tersosialisasi dengan sangat baik, hal ini kami anggap sebagai sinyal sinyal yang sangat baik demi suksesnya Program PNPM Mandiri Perkotaan di Kelurahan Tipulu. Dari hasil pemilihan tingkat RT, terpilihlah 42 orang untuk maju pada pemilihan BKM tingkat kelurahan, yang mana setiap RT dari 14 RT yang ada di Kelurahan Tipulu menelorkan 3 orang utusan.
Sebelum pemilihan tingkat kelurahan dilakukan, panitia pemilihan BKM melakukan pertemuan ulang guna membahas tata tertib pemilihan tingkat kelurahan. Dalam draft tata tertib pemilihan tersebut, selain mengacu dalam ketentuan PNPM Mandiri Perkotaan, juga mengakomodir ketentuan lokal yang menjadi acuan pemilihan. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya keinginan untuk meloloskan orang-orang tertentu dalam kepengurusan BKM dengan modus mengatur perolehan suara. Indikasi ini sudah terasa sejak pemilihan BKM tingkat RT dimana beberapa pihak yang mengantar undangan pemilihan untuk masyarakat sudah melakukan kampanye untuk memilih nama tertentu sehingga untuk mencegah kejadian tersebut terulang pada pemilihan BKM tingkat kelurahan, pokja pemilihan tata tertib memasukkan beberapa tambahan aturan main pemilihan.
Pada saat Pemilihan tingkat kelurahan yang dihadiri oleh 42 orang utusan yang lolos pada pemilihan tingkat RT, panitia membagikan kepada seluruh peserta pemilihan BKM tata tertib pemilihan untuk dibahas yang kemudian dibacakan satu persatu oleh panitia untuk disepakati atau tidak oleh seluruh peserta. Satu persatu tata tertib dibacakan dan disetujui oleh peserta, namun pada saat tata tertib No. 4 dibacakan beberapa pihak yang disinyalir sudah membuat pengaturan perolehan suara, melakukan protes keras dan menyatakan tidak setuju dengan aturan tambahan tersebut, namun ada pula yang setuju dengan tata tertib tambahan tersebut. Karena alotnya pembahasan tata tertib tersebut, maka pada akhirnya panitia pemilihan mengadakan voting untuk menyetujui atau menolak aturan tambahan tersebut. Dalam proses voting, 24 orang menyatakan setuju dengan aturan tambahan tersebut dan 18 orang menolak aturan tambahan tersebut, diantara beberapa orang yang menolak aturan tambahan tersebut membuat keributan dan melakukan aksi walk out namun proses pemilihan tetap dilangsungkan dengan tetap mematuhi tata tertib yang sudah di setujui dan menyepakati secara mufakat untuk nama-nama lolos dari tingkat RT dan masih tetap berada di tempat pemilihan sebanyak 11 orang untuk menjadi anggota BKM Kelurahan Tipulu. Dalam proses pemilihan tersebut, pihak fasilitator kelurahan juga hadir namun tidak sempat memberikan penjelasan dan pengarahan tetapi proses pemilihan belum berakhir, fasilitator kelurahan meninggalkan tempat pemilihan tersebut.
Beberapa hari kemudian dalam masa sanggah (7 hari), panitia pemilihan mengundang TL PNPM-MP Prov. Sultra, Korkot Kota Kendari dan pemerintah Kelurahan Tipulu untuk memberikan penjelasan mengenai proses pemilihan yang sudah dilakukan mengingat banyaknya isu yang beredar di masyarakat bahwa proses pemilihan tersebut dianggap tidak sah dan akan dilakukan proses pemilihan ulang. Oleh pihak korkot di jawab bahwa, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk mengintervensi proses pemilihan tersebut.
Setelah masa sanggah selesai pihak Pemerintah Kelurahan Tipulu yang merupakan PJOK ditingkat kelurahan mengundang seluruh panitia pemilihan, utusan utusan tingkat RT dan masyarakat yang terjaring pada Pemilihan BKM tingkat Kelurahan yang berjumlah 11 orang tersebut dan Fasilitator Kelurahan. Dalam pertemuan yang difasilitasi oleh Pemerintah Kelurahan Tipulu tersebut menghasilkan keputusan bahwa proses pemilihan BKM tingkat kelurahan yang sudah dilalui adalah sah dengan tetap melengkapi anggotanya menjadi 13 orang dan segera diadakan pemilihan Koordinator. Setelah itu ditanda tanganilah Berita acara hasil Pemilihan BKM tingkat Kelurahan oleh Lurah Kelurahan Tipulu.
Satu hari setelah penanda tanganan Berita Acara Pemilihan BKM dilakukanlah pertemuan untuk memilih Koordinator BKM Otipulu Jaya yang baru difasilitasi oleh Panitia Pemilihan dan dihadiri oleh Fasilitator Kelurahan. Setelah Koordinator BKM Otipulu Jaya terpilih pihak Fasilitator memberikan penjelasan penjelasan tentang tugas tugas apa yang harus dilakukan oleh pengurus BKM baru kedepannya.
Namun rupanya permasalahan belum selesai juga, beberapa hari kemudian fasilitator kelurahan menelepon panitia pemilihan dengan mengatakan bahwa pemilihan tersebut dianggap tidak sah oleh Konsultan Manajemen Pusat dan harus diadakan pemilihan BKM ulang karena proses pemilihan ini tidak dapat terinput dalam data SIM.
Yang menjadi pertanyaan oleh panitia pemilihan dan masyarakat Kelurahan Tipulu :
1. Apakah proses pemilihan tersebut harus di ulang hanya karena tidak terinput dalam data SIM dengan mengabaikan kesepakatan masyarakat yang diputuskan melalui suatu musyawarah dan proses pemilihan yang sangat panjang yang sudah terlewati mulai dari tingkat RT sampai pada ke tingkat Kelurahan dan sangat banyak menyita waktu, tenaga dan biaya.
Dari permasalahan ini, kami masyarakat Kelurahan Tipulu, Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara meminta tanggapan secepatnya dari Konsultan Manajemen Pusat PNPM-MP agar permasalahan ini cepat selesai dan tidak terkatung katung.
Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih..Wassalam..


[Kirim tanggapan | Kirim pesan baru]



Tanggapan 1
 
Re: PEMILIHAN BKM KEL. TIPULU
Lare Alit, 27 Maret 2013, jam 23:38:02
Mohon maaf sebelumnya apa alasannya bahwa proses pemilihan tidak dapat terinput dalam data SIM apa ya?...apa ya?...apa ya?...apa ya?...apa ya?...


Kembali ke atas | Kirim tanggapan | Kirim pesan baru
Jl. Penjernihan I No 19 F1 Lantai II,
Pejompongan Jakarta Pusat
Total pengunjung hari ini: 1232, akses halaman: 1251,
pengunjung online: 223, waktu akses: 0,031 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank