Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Forum
,
Selamat datang di website KOTAKU.
Alokasi Laba UPK 
azwar annas, 3 Mei 2013, jam 5:33:17
Alokasi Laba untuk LKM apakah harus dimasukkan ke rekening LKM? Apakah boleh dititip di UPK? Seandainya boleh dititip di UPK apakah Dana tersebut tidak boleh digulirkan sepertinya halnya tebungan KSM, sehingga harus ada yang mengendap di rekening UPK sebesar Alokasi Laba tersebut.

[Kirim tanggapan | Kirim pesan baru]



Tanggapan 1
 
Re: Alokasi Laba UPK
gatot dadyanto, 4 Mei 2013, jam 18:49:38
Halo mas Annas, menurut pengalaman saya, Alokasi Laba untuk LKM/BKM boleh dimasukkan ke rekening LKM ataupun di setor ke kas LKM/BKM selama tidak terlalu besar yang mempengaruhi kinerja Sekretariat ( kas maksimal). Apakah boleh dititipkan di UPK? boleh saja dan diserahkan secara dicicil sesuai kebutuhan LKM/BKM, untuk boleh tidaknya Dana tersebut digulirkan untuk amannya menurut pengalaman saya ya tidak boleh saja, karena biasanya kalau sudah digulirkan susah untuk ditarik lagi sedangkan BOP LKM/BKM terbatas, sehingga bertahun-tahun alokasi dana untuk LKM/BKM tsb selalu muncul di neraca tetapi uangnya tidak ada cuma menjadi hiasan buruk di neraca saja dan sulit dicarikan penyelesainnya.ha..ha..ha...ha..ha..ha...ha..ha..ha...
Tanggapan 2
 
Re: Alokasi Laba UPK
azwar annas, 7 Mei 2013, jam 6:36:38
Terima Kasih tanggapannya mas gatot dadyanto, tapi apakah ada aturan yang baku yang mengatur tentang alokasi laba untuk LKM yang di UPK, apakah harus menjadi dana diam yang ada di UPK atau boleh digunakan untuk pergulira,n mohon penjelasannya
Tanggapan 3
 
Re: Alokasi Laba UPK
gatot dadyanto, 9 Mei 2013, jam 10:05:36
Kalau misalkan aturan baku tidak ada/ belum ada/ belum pernah membaca, biasanya saya melihat dari pengalaman, kan kata pepatah pengalaman adalah guru yang paling baik, dan tentunya melalui persetujuan rembug baik dari tingkat pelaku pnpm maupun konsultannya. ( atau tanyakan ke TA nya aja deh....senangnya...)
Tanggapan 4
 
Re: Alokasi Laba UPK
agus hariyanto, 13 Mei 2013, jam 8:46:22
Mas Azwar, mas Gatot …. Salam EmKa.

Sedikit urun rembug ya Mas …. Yang saya ketahui UPK bukan Lembaga Keuangam Mikro seperti yang di gariskan dalam undang-undang lembaga keuangan mikro, sehingga UPK tidak diperkenankan untuk menghimpun dana, dalam artian dana yang bukan milik UPK tidak diperkenankan untuk digunakan sebagai sumber modal perguliran, seperti halnya tabungan KSM.

Dan menurut saya, ketika laba UPK sudah dibagi bagi peruntukannya (dialokasikan) maka dana tersebut mestinya sudah tidak menjadi hak UPK, kecuali dana yang memang dialokasikan untuk kepentingan UPK (pemupukan Modal).

Artinya, dana Alokasi Laba “untuk” LKM/BKM itu sudah menjadi hak masyarakat, khususnya dana untuk Lingk dan Sosial (kewajiban LKM untuk menyalurkan ke Masyarakat), sehingga mestinya sudah harus diserahkan ke LKM. Apabila saat alokasi (biasanya di awal tahun) belum ada dana tunai (uang kas), mestinya angsuran dari KSM tidak boleh digulirkan sampai alokasi laba UPK yang diperuntukan untuk LKM sudah diserahkan ke sekretariat LKM, tidak boleh disimpan oleh UPK apalagi mengendap di UPK.

Itu ATURANNYA, masalahnya sekarang apabila alokasi untuk kegiatan Lingkungan dan kegiatan Sosial sangat kecil dan belum dibutuhkan, sedangkan dana BOP LKM masih cukup banyak (sehingga “belum” dibutuhkan) ….sementara masih banyak daftar tunggu yang sangat membutuhkan ….. Apakah nggak boleh digulirkan ?.

Ini pendapat pribadi saya …. mohon masukan dari temen-teman pengambil kebijakan … menurut hemat saya, sepanjang masih banyak daftar tunggu dan mereka benar-benar memenuhi skim pinjaman bergulir; UPK menjamin kelancaran pinjaman (ketika dibutuhkan BKM/LKM segera dapat dipenuhi) dan disepakati oleh LKM/BKM dengan berbagai pertimbangan …. Mestinya akan lebih bermanfaat digulirkan … “apakah nggak melanggar aturan BI, menghimpun dana ?”, mestinya tidak karena pemanfaatan dana ini sudah disepakati oleh BKM dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu (khususnya terkait dengan kemendesakan kebutuhan, misalnya “saat ini” lebih penting membantu perguliran daripada menggunakannya untuk kegiatan lingkungan/social).

Semoga bermanfaat, sukses selalu, amin


Kembali ke atas | Kirim tanggapan | Kirim pesan baru
Jl. Penjernihan I No 19 F1 Lantai II,
Pejompongan Jakarta Pusat
Total pengunjung hari ini: 1642, akses halaman: 1725,
pengunjung online: 5853, waktu akses: 0,031 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank