Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Forum
,
Selamat datang di website KOTAKU.
HomeForumS I MApp UKP4 MENGKUDETA SIM?
App UKP4 MENGKUDETA SIM? 
Erwin Effendy, 11 September 2013, jam 11:24:45
WHAT

1. Aplikasi UKP4 menjadi ACUAN progres pemanfaatan (realisasi) BLM bukan lagi SIM maupun QS.
2. Data realisasi proposal UKP4 sudah SANGAT DETAIL seperti layaknya SIM PNPM MP (ada nilai kegiatan dari berbagai sumber dana, progres fisik, progres keuangan, foto, dll)
3. TIDAK ADA sinkronisasi antara data UKP4 dengan SIM PNPM MP (SIAPA yang bisa MENJAMIN data UKP4 akan sinkron dengan data SIM PNPM MP?).
.
WHERE

1. Database Server UKP4 ada di domain www.cephalos.org BERBEDA hosting (server)-nya dengan SIM PNPM MP (sim.p2kp.org)
2. Pengendalian data UKP4 berada di MONEV KMP sedangkan data SIM PNPM MP ada di Sub Tim SIM KMP
3. PIC entry data UKP4 di tingkat kabupaten / kota berada di Subprof Finance sedangkan aplikasi SIM PNPM berada di Asmandat Korkot (ini kasus di Jawa Tengah)

WHY

1. Mengapa ada harus ada dua "pintu" dalam mengelola data yang sama?
2. Mengapa tidak ada sinkronisasi data antara UKP4 dan SIM PNPM MP (dengan database server dan hosting yang sama. entry UKP4 juga berarti sekaligus entry SIM PNPM MP)
3. Mengapa kapasitas bandwith server UKP4 SANGAT KECIL, sehingga SANGAT SUSAH diakses?

WHEN

1. Apakah seterusnya UKP4 akan diberlakukan? Kalau iya dibuat sistem yang LEBIH BAIK (kecepatan, singkronisasi, PIC yang tepat)
2. Untuk solusi sementara, kapan bandwith hosting UKP4 ditingkatkan? Sehingga tidak ada solusi untuk entry malam hari s/d menjelang pagi (no overtime no jobs).

HOW

Bagaimana ini semua bisa terjadi? Dengan menyandang nama segagah UKP4 (bawa-bawa nama presiden) SEHARUSNYA aplikasi UKP4 BISA LEBIH LAYAK dari yang ada sekarang..


Begitu unek-unek dari kami. Mohon maaf jika ada yang tidak berkenan.

[Kirim tanggapan | Kirim pesan baru]



Tanggapan 1
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
benny, 11 September 2013, jam 11:46:32
senangnya...

Hmmm...pertanyaan yang baik neh mas,..akhirnya keluar juga WHAT, WHERE, WHY, WHEN dan HOW...pertanyaan ini sama seperti yang ada di benak saya juga mas erwin mari kita tunggu respon Pak Sutadi untuk menjawabnya....

monggo pak sutadi...senangnya...
Tanggapan 2
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
Fahrian Ariffudin, 11 September 2013, jam 12:09:12
Ndherek Nyimak... manis kan?...
Tanggapan 3
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
Zainul Mushoffie, 11 September 2013, jam 17:44:26
Nunggu Solusi..

#Gelar Tikar.....
Tanggapan 4
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
Buddy Prayitno, 11 September 2013, jam 19:52:19
cuma berharap semua baik-baik saja
Tanggapan 5
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
Sutadi Slamet, 12 September 2013, jam 13:26:59
Mas Erwin yang baik dan temen" semua yang baik hati semuanya mmmmuuuuaaahhhhh......

Terima kasih atas comment"nya baik yg dimimbar bebas atau yang di media chat dalam aplikasi UKP4, ada beberapa informasi yang bisa saya share semoga bisa memberikan pencerahan buat kita bersama:

WHAT:
1. Aplikasi UKP4 bermula dari pengembangan system QS rencana dan realisasi penyerapan BLM PIP (BLM reguler) dimana tujuannya adalah untuk memonitor secara cepat proses pencairan BLM mulai dari proses pemberkasan BLM di level Korkot, status penerbitan SPM sampai status entry data pencairan di aplikasi E-monitoring PU. Pada tahun 2010-2011, pihak UKP4 hany membutuhkan laporan progres berapa jumlah kelurahan yang telah mencairkan BLM sesuai target, namun tahun 2013 meminta selain laporan progress pencairan juga meminta laporan pemanfaatan BLM sampai menjadi kegiatan dengan dibuktikan adanya Berita Acara penyelesaian pekerjaan, foto dan koordinat lokasi kegiatan. Nah untuk membantu tugas monev diperlukan sebuah aplikasi sederhana (karena klo manual jelas tdk mungkin) dalam memonitor progress UKP4 tersebut. Sementara klo dibebankan ke SIM harus melalui prosedur update Glossary (perlu persetujuan donor dan goverment) selain itu target" di temen SIM juga masih banyak (dev aplikasi PRBBM, P2G, PLPBK) maka waktu menjadi constrant yang dihadapi. Melihat kondisi tsb monev mencoba membuat aplikasi on-line UKP4 dengan tetap berkoordinasi dengan Tim SIM untuk menjaga sinkronisasi dan konsistensi data agar tetap terintegrasi. Aplikasi tersebut saya letakan diluar server p2kp dan SIM dengan tujuan tidak mengganggu bandwith keduanya dan saya hosting pribadi makanya letaknya masih di cephalos.org. JADI TIDAK BENAR KLO UKP4 mengkudetasisasi SIMsenangnya....
2 dan 3. sudah terjawab yah, semua tetap berkoordinasi dengan Tim SIM dan tetap "terintegrasi" (master data tetap 1 dan bersumber dari SIM).

WHERE:
1. Soal server sudah terjawab (untuk menjaga integrasi di level user) menu aplikasi UKP4 masuk dalam menu web p2kp.org, namun sebenarnya lokasi data untuk ERA sekarang harusnya sdh tidak menjadi masalah bahkan beda platform pun harusnya tdk mengapa.
2. Hasil koordinasi dengan Tim SIM, untuk sementara karena aplikasi masih dalam proses develop maka PIC system aplikasi UKP4 masih diserahkan ke monev, tetapi klo sudah selesai akan menjadi asetnya proyek dan akan dikelola oleh temen" SIM.
3. Untuk PIC entry memang sengaja tidak ada SOP yang mengatur karena aplikasi sifat Adhock/ sebentar jangan sampai mengganggu PIC SIM, jangan sampai gara" UKP4 entry data SIM di nomor duakan.

WHY:
1 dan 2. Diawal penyusunan aplikasi UKP4 sudah terjadi koordinasi antara Tim monev dan Tim SIM terkait dengan integrasi data antara UKP4 dan data-data SIM agar tidak terjadi dualisme Entry, sebagai contoh data master yang digunakan di UKP4 bersumber dari database SIM, kodefikasi kegiatan, jenis kegiatan, kodefikasi fotom berita acara-berita acara sudah merujuk kepada kodefikasi yang selama ini digunakan dalam SIM. Saat ini sedang dilakukan upaya sinkronisasi data yang sudah terentry di UKP4 agar bisa diimport langsung ke database SIM.
3. Mengenai bandwidth kecil, saya mohon maaf ke temen-temen semua karena kemampuan saya dalam hosting masih terbatas seperti itu. Tetapi berkat dukungan temen-temen aplikasi UKP4 saat ini sudah dianggap menjadi bagian tools TL dan TA-TA OSP dalam mengendalikan progress UKP4, pihak manajemen KMP siap ambil alih permasalahan server. Semoga dalam 1 atau 2 hari sudah terpecahkan masalah quota user 20 per koneksi bisa un limited.

WHY:
1. UKP4 bersifat Adhock atau sementara sehingga keberadaan aplikasi UKP4 tidak boleh membebani SIM P2KP yang sudah ada selama ini.
2. sudah dijelaskan di atas.

HOW:

Demi kesempurnaan dan kenyamanan penggunaan aplikasi diharapkan urun rembug dari temen" semua. Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Hari Pras (Adv), Pak Atho (TL Sulut), Pak Nanang (Sub Monev Jatim), Pak Sony (TA SIM sulut) yang sudah memberikan kontribusi besar dalam pembangunan aplikasi UKP4 sehingga seperti sekarang ini.

Demikian sharing yang bisa saya sampaikan semoga bisa memberikan pencerahan untuk saya dan kita semua.

Salam
Std
Tanggapan 6
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
radinson saragih, 12 September 2013, jam 14:41:18
KENAPA HERAN KUDETA MENGKUDETA KAN SOAL BIASA,CUMA BAGAI MANA KITA MENIKMATINYA SAJA AGAR JANGAN MENJADI BEBAN BUAT KITAha..ha..ha...ha..ha..ha...ha..ha..ha...ha..ha..ha...
Tanggapan 7
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
Zainul Mushoffie, 12 September 2013, jam 16:55:40
Aslkm Pak Sutadi...

Kami masih menunggu solusinya. Krn sampai dengan sore ini masih kesulitan dalam mengaksesnya, Asmandat kami juga terhambat dalam pengentrian data UKP4 tersebut.

Mohon Disegerakan solusinya, mengingat tangal 25 September semakin dekat.

Kami rasa penjelasan WHAT, WHERE, HOW dsb cukup saja pak, mohon solusinya saja.

Terimakasih

Tanggapan 8
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
bocah mumet, 13 September 2013, jam 11:30:35

sudah overload bukannya dikurangi malah ditambahi pekerjaannya admin yg di lapangan ...

kl UKP4 ambil saja data sim dr KMP gimana towwwwwww ...

Lama2 dikasih data sampah tu sama tmn2 di lapangan

Tanggapan 9
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
Nina Firstavina, 13 September 2013, jam 13:18:32
Huehehehe.. Mas Erwin... 5W-1H, kayak pewarta aja ya.. Hmmm..
Ada lagi nih 5W1H yg artinya beda:
"Weleh, Weleh, Weleh, Weleh, Weleh, Heh."

Sepertinya definisi yang terakhir ini cucok buat situasi UKP4. Wekekekekeke.. *peace, Pak Sutadi*

Maaf OOT. ha..ha..ha...

nuhun ah,
NiNaGeuLiS
Tanggapan 10
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
Erwin Effendy, 13 September 2013, jam 15:07:32
Yang dimaksud kudeta selain data, juga fungsi pengendalian / monitoring progres. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

1. PD & TL lebih mudah marah atau panik kalau progres UKP4-nya lemot dibandingkan dengan SIM-nya yang lemot (hehehe...)

2. "Orang Pusat" LEBIH PERCAYA progres yang ada di UKP4 dibandingkan dengan yang ada di SIM atau QS (bener atau tidak?).

3. UKP4 di-"anak emas"-kan (mendapatkan keistimewaan / privilege). Kalau sudah ada proposal fixed (sudah disetujui dana, lokasi, penerima manfaat, sudah ada foto 0%, dll) sudah bisa di-entry realisasi. SIM boleh gak ya seperti itu.

Bagaimana kalau SIM dioptimalkan atau diberi "keistimewaan" yang sama dengan entry UKP4. Biar progres SIM juga bisa CEPAT.

Anyway, terimakasih kepada pak Sutadi yang baik hati dan tidak sombong, telah menanggapi unek-unek kami. Harapan kita sama. Semoga ke depan lebih baik dari yang sudah ada sekarang.

@Nina: iya bu, baru mau belajar jadi pewarta. siapa tahu setelah lepas dari PNPM, ada bekal untuk menggapai hari esok dan karena baru belajar kayaknya masih kurang satu pertanyaan dari tulisan saya ya yaitu WHO. mohon bimbingannya. tapi bu Nina juga kelebihan satu W-nya yaitu "Weleh, Weleh, Weleh, Weleh, Weleh, Heh dan Wekekekekeke..".
senangnya...senangnya...senangnya...senangnya...
Tanggapan 11
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
Danli Timisela, 16 September 2013, jam 11:35:28
Ada apa ini ribut-ribu ...???!!

Pak Std kan sudah bilang: Constraint nya adalah WAKTU.

Ini masalah menetapkan prioritas. Mana yang Sangat Penting, 3/4 Penting, 1/2 Penting, 1/3 Penting ... Tidak Penting, sangat tergantung dengan WAKTU. Tidak perlu didikotomikan.

SIM PNPM tetap merupakan hal SANGAT PENTING dalam rentang WAKTU yang cukup fleksibel, namun dalam rentang WAKTU sangat dekat ini UKP4 adalah hal SANGAT PENTING. Gitu aja kok repot. piss ha..ha..ha...
Tanggapan 12
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
Erwin Effendy, 16 September 2013, jam 13:42:38
Pak Danli, salam kenal.

Yang pak Danli kemukakan, itulah salah satu point yang saya maksud dengan KUDETA.

Tingkat kepentingan SIM (dikarenakan alasan CONSTRAINT WAKTU atau apapun alasannya) di-KUDETA dengan kepentingan UKP4. Sebelum ada UKP4, SIM menjadi perhatian, misal tingkat kepentingan SIM 100%, sekarang dengan UKP4, tingkat kepentingan SIM menjadi 0% dan UKP menjadi 100%.

Saya akan meramalkan, lain persoalan, dengan adanya P4IP (karena alasan CONSTRAINT WAKTU juga, Desember 2013 harus selesai) maka akan meng-KUDETA program PNPM MP (reguler) dalam artian sumber daya (waktu, tenaga, konsentrasi) baik di tingkat Masyarakat, Tim Faskel, Korkot, Satker, KMW, KMP, Project, walaupun ada tambahan 1 fasilitator infra perkelipatan 3 kelurahan P4IP (diramalkan nanti akan ada yang menulis di forum dengan judul P4IP MENGKUDETA PNPM MP manis kan?...manis kan?...manis kan?...). Kok kayak jadi paranormal ya... ramal meramal... senangnya...senangnya...senangnya...

Mengapa tidak dibuat skema program yang baik sehingga (kepentingan) program baru TIDAK MENGKUDETA (kepentingan) program yang sudah berjalan?
Tanggapan 13
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
Darmo tok, 16 September 2013, jam 15:02:27
bukankah SIM itu seharusnya lintas sektoral soddara2, knp harus ada UKP4 y senangnya...
Tanggapan 14
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
Danli Timisela, 17 September 2013, jam 12:05:46
Iya pak Erwin, salam kenal juga.
Sepertinya sedang terjadi kontroversi hati disini. senangnya...
Tanggapan 15
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
Melati Ananda, 18 September 2013, jam 10:52:29
Pagi ini 18 September 2013
Upload UKP 4 kok jadi lambat lagi.. katanya udah diperbaiki dan cepat, tetap aja dapat pesan :

Resource Limit Is Reached
The website is temporarily unable to service your request as it exceeded resource limit. Please try again later.

Gmn nih. udah dapat surat cinta untuk menginput Target B-09. masih aja kayak gini capek!...capek!...capek!...
Tanggapan 16
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
ahin solihin, 18 September 2013, jam 14:19:21
sepertinya ada korelasinya istiah "kudeta" dalam pokok bahasan skr, senadainya kudeta P4IP berhasil maka dimungkinkan pasca 2014 pnpm reguler berganti dengan P4IP.., lebih baru, lebih segar,..lebih fokus walaupun dengan pola dan sistem yang tdk jauh berbeda dengan pnpm..walohualam.senangnya...senangnya...
Tanggapan 17
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
ahin solihin, 18 September 2013, jam 14:43:59
sepertinya antara UKP4 dan SIM lebih tepat disebut "saling melengkapi" peruntukannya sangat berbeda walaupun urgensinya sama, upload UKP4 adalah dalam bentuk fisik sementara SIM adalah upload data, mungkin UKP4 adalh bukti fisik bahwa data yang dientry ke dalam SIM adalah sudah benar adanya alias "soheh"...walohualam
Tanggapan 18
 
Re: App UKP4 MENGKUDETA SIM?
bebek penyet, 19 September 2013, jam 9:25:57
.. project


Kembali ke atas | Kirim tanggapan | Kirim pesan baru
Jl. Penjernihan I No 19 F1 Lantai II,
Pejompongan Jakarta Pusat
Total pengunjung hari ini: 4392, akses halaman: 4476,
pengunjung online: 138, waktu akses: 0,016 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank