Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Forum
,
Selamat datang di website KOTAKU.
HomeForumS I Mhidup dalam layar monitor
hidup dalam layar monitor 
sekar wangi, 19 Oktober 2013, jam 0:55:33
seberapa signifikan data SIM berperan dalam pemberdayaan?

sepertinya fakir miskin tidak butuh SIM

[Kirim tanggapan | Kirim pesan baru]



Tanggapan 1
 
Re: hidup dalam layar monitor
hari Prasetyo, 19 Oktober 2013, jam 9:28:02

He....he.....sepakat fakir miskin memang tidak butuh SIM (Sistem Informasi Manajemen) tetapi dia pasti memerlukan SIM (Susu, Ikan dan Mie)

Seandainya Program PNPM Perkotaan sasaranya hanya 1 kelurahan/Desa atau 1 Kampung di 1 Kelurahan/Desa dan tidak melibatkan para pelaku dan/atau pemangku kepentingan mulai dari level Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota, Provinsi dan Nasional --> maka SIM pasti tidak diperlukan. Kaluk harus ada SIM, itu namanya kurang kerjaan, mengapa ? Karena segala sesuatunya bisa dilihat, diamati, dimonitor, dievaluasi secara langsung di lapangan.

Tetapi perlu diingat, PNPM Perkotaan menjangkau sasaran 11.060 Kel/Desa yang tersebar di 268 Kab/Kota dan 33 Provinsi di Indonesia. Bisa dibayangkan bila kita ingin memantau dan meng-evaluasi dan itu harus dilakukan secara langsung ke lapangan ...? berapa waktu yang harus dihabiskan untuk melakukan itu ? Mungkin kaluk kita sekarang berangkat......pulangnya bisa tahun depan !!! kasihan sekali dengan SIM (Susu, Ikan dan Mie) .... pasti sudah busuk semua !!!

SIM merupakan tools (alat) untuk memantau dan melakukan evaluasi berdasarkan data dan informasi yang disajikan. Berdasarkan pemantauan dan evaluasi tersebut tentu sangat penting untuk melakukan upaya-upaya perbaikan di lapangan (tindakan manajerial). Oleh karena seluruh data yang disajikan dalam SIM (Sistem Informasi Manajemen) harus valid, lengkap dan terkini (uptodate)

Bila mas/mbak Sekar Wangi sepakat dengan hal diatas : saya menyarankan "tidak perlu hidup dalam layar monitor" tetapi cukup "bekerja dalam layar monitor" dengan menyajikan data-data yang valid, lengkap dan terkini (uptodate).

Tetap semangat dan terimakasih ......




Tanggapan 2
 
Re: hidup dalam layar monitor
kotamobagu Kotamobagu, 24 Oktober 2013, jam 13:12:28
(Y) (Y) Setuju dengan Pak Hari...senangnya...


Kembali ke atas | Kirim tanggapan | Kirim pesan baru
Jl. Penjernihan I No 19 F1 Lantai II,
Pejompongan Jakarta Pusat
Total pengunjung hari ini: 7863, akses halaman: 8263,
pengunjung online: 627, waktu akses: 0,031 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank