Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Forum
,
Selamat datang di website KOTAKU.
HomeForumPemerhatiKasus 500 juta di Ciamis
Kasus 500 juta di Ciamis 
Yuli Ahmada, 20 November 2014, jam 3:40:39
Yuli Ahmada
CIAMIS, (PRLM).- Kepolisian Resor Ciamis mendalami kasus dugaan penyimpangan anggaran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Pedesaan di Kecamatan Cidolog. Polisi telah memeriksa lima orang saksi yang dianggap terlibat dalam penggunaan dana simpan pinjam kelompok perempuan senilai Rp 500 juta.

Lima orang terperiksa antara lain Yeti sebagai Penanggungjawab Operasional Kecamatan, Elis Husnul sebagai Fasilitator Kecamatan Bidang Ekonomi, Parman Ketua Badan Kerjasama Antar Desa, Sopiyudin Ketua Tim Validasi I, dan Ahmad Suryana Ketua Tim Validasi II. “Sementara ini masih tahap penyelidikan,” ujar Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Ciamis, K Erisyadi di ruang kerjanya, Kamis (30/10/2014).

Penyelidikan dimulai dari tingkat bawah penangung jawab PNPM Desa. Erisyadi mengatakan, nilai korupsi terindikasi Rp 500 juta. “Baru ketahuan penggunaannya sekitar Rp 300 juta, sisanya belum jelas siapa yang menyalahgunakannya,” kata dia.

Dana tersebut bersumber dari simpan pinjam kelompok perempuan. Unit pengelola kegiatan PNPM Desa di Kecamatan Cidolog menaungi enam desa yang rata-rata memiliki 10 kelompok setiap desa. Iuran dari warga sejauh ini diduga kuat dikorupsi. “Akibatnya, anggota kelompok tidak dapat meminjam. Kelompoknya ada, tapi setoran dipergunakan UPK,” ucap Kasatreskrim.

Belum ada rencana peningkatan status kelima terperiksa dari saksi menjadi tersangka. Rencananya, hari ini Jumat (31/10/2014) pihaknya akan memanggil pengurus inti UPK terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara.

Ditanya soal keterlibatan pemegang kebijakan seperti camat atau aparat pemerintah lain, dia menegaskan hal itu akan ditelusuri kemudian. “Fokus dulu pada pembuktian yang Rp 300 juta, apakah bisa melihat kapasitas camat. Yang paling bertanggungjawab jelas ketua UPK,” kata dia.
http://www.pikiran-rakyat.com/node/302781

[Topik ini telah ditutup... Kirim tanggapan | Kirim pesan baru]



Tanggapan 1
 
Re: Kasus 500 juta di Ciamis
PPM P2KP, 20 November 2014, jam 6:16:18
Yth. Yuli Ahmada
di tempat


Informasi yang disampaikan untuk kegiatan PNPM Mandiri Pedesaan, padahal ini website untuk PNPM Perkotaan. Sehingga kami tidak dapat menindak-lanjuti informasi ini. Namun demikian terima kasih atas perhatiannya dan akan kami teruskan ke Pengelola Pengaduan di PNPM Pedesaan.

Salam,


PPM-PNPM Perkotaan Wilayah-1


Tanggapan 2
 
Re: Kasus 500 juta di Ciamis
webadmin P2KP, 20 November 2014, jam 10:43:45
Terimakasih Ibu Yuli Ahmada....

Terkait informasi mengenai kasus penyalahgunaan dana (korupsi) di program PNPM Mandiri dari berbagai daerah yang Ibu yuli sampaikan di Forum Mimbar Bebas yang Kami sediakan (web pnpm perkotaan).

Kami mencermati dari informasi yang Ibu publish di website kami dikarenakan beberapa hal :

1. Ibu Yuli Ahmada ini ingin menginformasikan banyak nya permasalahan kasus dilapangan dengan mengirim banyak informasi perihal ini, dimana informasi trsbt merupakan hasil copy paste dari sebuah media online

2. Ibu Yuli Ahmada mungkin ingin menunjukkan bahwa program gagal dengan banyak kasus yang terjadi

3. atau mungkin Ibu Yuli Ahmada bingung akan mau disampaikan kemana informasi perihal trsbut...


Apapun yang dilakukan oleh Ibu, selaku member dari Forum ini, kami mengucapkan terimakasih, namun sangat kami sayang kan karena informasi yang Ibu sampaikan trsbt merupakan permasalahan yang ada di program PNPM Mandiri Perdesaan, sehingga hal ini diluar dari kewenangan kami.

Maka dari itu kami akan meng "close" topik ini untuk tidak dapat ditanggapi, demikian yang bisa kami sampaikan.



salam

admin pnpm-perkotaan manis kan?...


Kembali ke atas | Topik ini telah ditutup... Kirim tanggapan | Kirim pesan baru
Jl. Penjernihan I No 19 F1 Lantai II,
Pejompongan Jakarta Pusat
Total pengunjung hari ini: 6560, akses halaman: 6729,
pengunjung online: 9135, waktu akses: 0,047 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank