Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)
Pengaduan
,
Selamat datang di website KOTAKU.
HomePengaduanF A Q - PPMFrequently Asked Questions PPM
Pengaduan On-Line dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara On-Line.
Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila;
1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)  2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU. 3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

Berikut artikel mengenai Pidana Penjara dan Denda terkait Pasal Pencemaran Nama Baik dalam UU ITE, artikel ini dimaksudkan agar siapapun yang akan mengirimkan pengaduan lebih bijak dalam menyampaikan pengaduan dengan dilampirkan bukti-bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.

Pidana Penjara dan Denda terkait Pasal Pencemaran Nama Baik dalam UU ITE
Frequently Asked Questions PPM
1. Apa itu PPM ?
  PPM adalah Pengelolaan Pengaduan Masyarakat, suatu proses kegiatan untuk menampung, mencatat, menelaah, menganalisis, menyalurkan, mengkonfirmasi, mengklarifikasi, memberikan alternatif solusi kepada pengadu, mendokumentasi dan mensosialisasikan hasil pengelolaan pengaduan yang dilakukan oleh Pemda dan masyarakat.
   
2. Dimana PPM dapat dijumpai ?
 

- Dapat dijumpai di tingkat Kelurahan/Desa, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Pusat.
- Di tingkat Kelurahan/Desa ada di BKM/LKM.
- Di tingkat Kabupaten/Kota ada di Kantor Bupati/Walikota.
- Di tingkat Provinsi ada di Kantor Gubernur.
- Di tingkat Pusat ada di kantor Proyek  Program KOTAKU yang difasilitasi oleh KMP (Konsultan Manajemen Pusat).

   
3. Kapan PPM dapat menyelesaikan masalah yang diadukan ?
  Masalah dapat diselesaikan tergantung ringan dan sulit permasalahan yang diadukan.
   
4. Siapa yang dapat menyelesaikan masalah yang diadukan ke Unit PPM ?
  Intinya masalah yang timbul/muncul di masyarakat diharapkan melalui musyawarah warga, masyarakat sendirilah yang dapat menyelesaikannya, kecuali masalah itu tidak dapat diselesaikan oleh masyarakat, maka unit PPM akan melibatkan Pemerintah Daerah (Pemda) dan pihak lain yang berkompeten untuk memfasilitasi masalah tersebut agar dapat diselesaikan.
   
5. Bagaimana Unit PPM dapat menyelesaikan masalah ?
  Peran PPM adalah memfasilitasi pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat, pemanfaat program, dan pihak lain termasuk pelaku program. Penyelesaian masalah menggunakan prinsip berjenjang, artinya semua pengaduan atau masalah yang muncul ditangani pertama kali oleh masyarakat dan Pemda pada tingkatan di mana pengaduan/masalah tersebut timbul (keberadaan subyek yang diadukan). Jika perkembangan penanganan masalah pada tingkatan tersebut tidak mampu untuk menangani, maka setelah dilakukan evaluasi dapat dinaikkan derajatnya untuk meminta dukungan penanganan dari tingkatan di atasnya.

Kembali ke atas
Jl. Penjernihan I No 19 F1 Lantai II,
Pejompongan Jakarta Pusat
Total pengunjung hari ini: 4242, akses halaman: 4452,
pengunjung online: 5560, waktu akses: 0,047 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank